wisata

5 Fakta Dan Mitos Kopi Bagi Kesehatan - info Menarik

5 Fakta Dan Mitos Kopi Bagi Kesehatan

Kopi. Minum kopi sering dijadikan sebagai cara mengusir kantuk. Belakangan ini bahkan minum kopi sudah dijadikan sebagai gaya hidup. Namun kandungan kopi berupa kafein sering di anggap membahayakan, beberapa mitos terus bergulir mengenai dampak negatif ini. Pada ibu hamil dan wanita menyusui misalnya, kopi merupakan larangan keras. Mitos lain yang beredar di masyarakat adalah susah tidur magh kambuh dan efek-efek negatif lainnya. Sementara penelitian dini mengatakan kopi dapat dijadikan sebagai penghilang rasa sakit. Selain itu kopi pun memiliki segudang anti oksidan yang mampu melindungi kepikunan dan merangsang sel-sel otak banyaknya mitos seputar minm kopi inimembuuat bingung banyak orang dan menimbulkan pertanyaan. jadi sebenarnya manakah yang benar?
5 Fakta Dan Mitos Kopi Bagi Kesehatan - Tips Sehat

beikut ini adalah fakta dan manfaat kopi

1. Kopi Membuuat Sulit Tidur
Benarkah kopi membuat sulit tidur? jawabannya adalah benar. Kandungan kafein pada kopi akan mengembalikan sel senyawa dalam saraf  otak yang membuat orang susah tertidur. sehingga membat orang merasa segar, dan mata terbuka lebar. Jantung berdetak lebih cepat, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi lebih cepat dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentk energi ekstra. Namun sebenarnya kafein hanya bertahan sebentar dalam tubuh. Hasiat kafein sebagai penangkal kantuk hanya akan bertahan sekitar 4-5 jam setelah anda mengkonsumsinya.

2. Minum Kopi Membat Sering Buang Air Kecil.
Benarkah minum kopi membuat orang sering buang air kecil lebih sering? yup jawabanya adalah benar. Kandungan kafein dalam kopi memberikan sedikit efek beuretik, yang membuat anda lebih sering buang air kecil. Sebaiknya di imbangi dengan mengkonsumsi vitamin C dari luar. Kareana vitamin tersebut ikut larut dan terbuang bersama urin. Meski demikian kafein tidak akan membuat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. 

3. Mitos Kopi Memicu Berbagai Penyakit
Benarkah  kopi bisa memicu berbagai penyakit? Faktanya meminum kopi secara teratur sekitar 3-5 cangkir perhari justru terbukti bisa mencegah berbagai penyakit. Diantaranya mengurangi penyakit diabetes tipe-2, Kangker Prostat, kangker kulit, Parkinson. Kopi memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi resiko seseorang untuk pikun. Hal ini disebabkan karena kafein yang terkandung di dalam kopi bereaksi secara kimia, menstimulasi dan membantu seseorang untuk menangkap dan fokus dengan informasi yang diterima. 

4. Mitos Kopi Tidak Boleh Diminum Sebelum Berolahraga
Jangan percaya jika ada orang yang mengatakan "jangan minum kopi sebelum berolahraga" faktanya kopi sangat baik diminum sebelum melakukan aktivitas olahraga. Sirkulasi darah berkafein dari orang yang meminum kopi sebelum berolahraga mengalami peningkatan sebesar 30% selama 75 menit setelah olahraga daripada mereka yang tidak meminum kopi, atau meminum kopi yang tidak berkafein. Selain itu meminum kopi berkafein sekitar 2-3 cangkir satu jam sebelum berolahraga intenstas tinggi dapat mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

5. Kopi Tidak Boleh Di Konsumsi Oleh Penderita Magh
Anda mungkin sering mendengar bahwa kopi tidak boleh di konsumsi oleh penderita magh, Orang yang memiliki penyakit magh memiliki asam lambung yang sensitif, sementara kafein dalam kopi bisa mempercepat proses terbentuknya asam lambung. Meski demikian tergantung jenis kopi dan bagaimana kopi diproses. Ada sebagian orang yang langsung naik asam lambungnya setelah mengkonsumsi jenis kopi tertentu. Namun tidak demikian jika mengkonsumsi jenis kopi lainnya. Salah satu cara untuk mengurangi tingkat keasaman dalam kopi, sebelum di bakar biasanya kopi di simpan dalam gudang selama bertahun-tahun lamanya, yakni sekitar 5-8th. Hasilnya kopi tersebut akan memiliki rasa yang kuat tetapi sangat ringan di lambung. tidak menyebabkan kembung dan tidak menyebabkan jantung berdebar. 

itulah beberapa fakta kopi dan mitos kopi yang sering beredar salah di kalangan masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Fakta Dan Mitos Kopi Bagi Kesehatan - info Menarik"

  1. Wah ternyata begini yaa :v Thanks kang infonyaa :D

    ReplyDelete

-Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang baik sopan.
-dilarang meninggalkan link aktif di komentar