wisata

Fakta Menarik Letak Geografis Indonesia - dan Pemandangan Indah Indonesia

Letak Geografis Indonesia - dan Pemandangan  Indah Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, yang terletak di Asia Tenggara. Keragaman budaya dan tradisi, membuat indonesia terlihat unik dan istimewa dibandingkan dengan negara-negara lain. Namun tahukah anda selain budaya dan tradisi, ternyata indonesia juga memiliki keragaman alam yang luar biasa karena dipengaruhi oleh letak geografisnya. Seperti wisata laut dan gua yang menakjubkan, hingga keunikan kota dari yang terbasah sampai yang terkering. berikut fakta menarik tentang geografiss indonesia.

1. Memiliki Tempat Terkering.

Fakta  Menarik Letak Geografis Indonesia - dan Pemandangan  Indah IndonesiaIndonesia Bagian Timur merupakan daerah yang memiliki curah hujan sangat rendah, sehingga pantas saja jika daerah ini tampak lebih kering dibandingkan indonesia bagian barat atau tengah. Saking keringnya salah satu nama di pulau ini yang bernama pulau "Sabu" NTT,  di nobatkan sebagai tempat terkering di Indonesia. Hal ini terjadi karena adanya angin panas yang tertiup dari Benua Australia dan guyuran hujan yang hanya 1019mm dalam setahun.  Di pulau ini anya terdapat bukit-bukit kapur yang kurang subur, dengan puncak yang menjulang, padang rumput yang kering serta deretan pohon palem yang menjadi ciri khas daerah kering. Namun hebatnya, keadaan yang seperti ini justru mengundang wisatawan untuk datang karena merasa tertarik.

2. Memiliki Tempat Terbasah

Selain memiliki tempat terkering yaitu di indonesia bagian timur, Indonesia juga memiliki tempat terbasah, yaitu kota bogor. Sudah banyak yang mengetahui bahwa kota bogor yang terletak di Provinsi Jawa Barat, dijuluki sebagai kota hujan, yupjulukan ini di dapat karena dalah setahun kota yang juga dikenal dengan "seribu angkot" ini, diguyur hujan sebanyak 320hari. Hal ini membuat kota Bogor dinobatkan sebagai kota terbasah di Indonesia. Uniknya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terlebih lagi kota yang sering di guyur hujan ini membuat Kota Bogor terasa lebih sejuk di banding kota-kota lain di Indonesia. 

3.Memiliki Salah Satu Tujuh Puncak Tertinggi Dunia (Seven Summit)
Indonesia memang terdiri dari deretan pegunungan tinggi, dengan panorama yang luar biasa,Namun tahukah anda gunung apakah yang mendapat predikat tertinggi di Indonesia dan Menjadi salah satu 7 puncak tertinggi di dunia?
yup jawabanya adalah "puncak jaya " atau 'Cartenz".yang merupakan bagian pegunungan mauke provinsi Papua, puncak  Puncak jaya memiliki ketinggian 4884Mdpl. Uniknya,puncak jaya yang berada di pegununganan jaya wijaya ini, merupakan gunung karang yang tertutup oleh salju abadi.

4. Memiliki Gunung Api Dengan Letusan Yang Sangat Dahsyat
Ternyata letusan gunung api terdahsyat di Indonesia adalah letusan yang berasal dari gunung api krakatau, yang terjadi pada tanggal 26-27Agustus 1883. Menurut info yang beredar, awan panas dan tsunami yang di akibatkan olleh letusan gunung krakatau menewaskan hingga 36000 jiwa, dan suara letupannya mampu terdengar sampai ke Australia, dan Afrika, dan letusan gunung ini diperkirakan mencapai 30.000X bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, pada akhir perang dunia 2. Dunia sempat gelap gulita selama 2 setengah hari, akibat debu fulkanis krakatau. Bahkan iklim globalpun sempat mengalami perubahan. 

5. Memiliki Gua-Gua Indah
Gua gong adalah salah satu gua terindah di indonesia, yang terletak di Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Goa ini dinobatkan sebagai goa yang terindah karena mampu menyuguhkan pemandangan yang berasal dari stalaktit dan stalakmit, yang terbentuk secara alami. keindahan stalaktit dan stalakmit yang berada di dinding gua, semakin terlihat menarik karena adanya pancaran cahaya lampu warna-warni, yang terpasang dalam goa. Maka wajar saja jika goa ini disebut sebagai goa terindah se Asia Tenggara.

6. Memiliki Pulau Indah dan Bahhari yang Menawan

Fakta  Menarik Letak Geografis Indonesia - dan Pemandangan  Indah Indonesia

Yang terakhir adalah Raja Ampat yang memang tidak kalah populer dengan Bali, bahkan kini wisatawan asing pun sudah melirik raja ampat sebagai destinasi untuk berlibur, terutama bagi wisatawan yang hobi menyelam. Terletak di kepulauan Raja Ampat Provinsi Papua Barat. Raja Ampat tidak hanya menyuguhhkan pemandangan indahh, dengan airlaut yang masih sangat jernih. Melainkan beragam flora dan biota laut unik yang jarang di jumpai di tempat lain. Maka pantas jika Raja Ampat di Nobatkan sebagai wisata laut terindah di Indonesia. 

Itulah beberapa info menarik tentang Letak Geografis di Indonesia, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Menarik Letak Geografis Indonesia - dan Pemandangan Indah Indonesia"

Post a Comment

-Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang baik sopan.
-dilarang meninggalkan link aktif di komentar