wisata

Fakta Menarik Santan Kelapa dan Manfaat Santan Kelapa - Khuciki

Manfaat Santan Kelapa

Sebagai orang Indonesia, kita pasti tak asing dengan santan, bahan makanan ini memang sangat dekat dengan kuliner khas tanah air. mulai dari makanan utama, hingga cemilan khas banyak menggunakan santan, sebagai salah satu bahannya. Tak hanya makanan, beberapa minuman juga seringkali menggunakan santan untuk menambah citarasa gurih. Tak hanya lezat, santan juga memiliki berbagai manfaat seperti memperkuat imunitas, mencegah penuaan, menguatkan tulang, mencegah anemia, tabir surya, penyubur rambut, dan lain sebagainya.

Fakta Menarik Santan Kelapa dan Manfaat Santan KelapaMeski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun sebagian orang merasa enggan mengkonsumsi santan karena di anggap membahayakan kesehatan. Padahal faktanya tidak demikian, dan berikut adalah beberapa fakta unik santan yang blm banyak diketahui oleh banyakk orang.


1. Sebagai Minuman Pengganti Susu.
Siapa yang menyangka bahwa santan bisa diunakan sebagai minuman pengganti susu yang menyehatkan. Santat sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang tidak toleran terhadap laktosa, atau protein dalam susu. Santan mengandung vitamin C, B6, Asam Folat, Zat Besi, Kalsium, Zing, Magnesium, dan Fosfor.
Walaupun santan dapat menggantikan susu, namun santan atau coconut milk tidak sama dengan susu sapi, proten dan lemak dalam santan cukup tinggi seperti halnya pada susu sapi, bedanya, susu sapi mengandung laktosa, sedangkan dalam santan tidak mengantung laktosa. Santan juga merupakan lemak nabati dan terdapat kolesterol yang tidak merugikan tubuh.

2. Kesehatan Gigi
Tak banyak yang tahu santan ternyata juga baik untuk kesehatan gigi. Caranya adalah dengan menggunakan air santan untuk berkumur setelah menggosok gigi. Tahan santan kelapa didalam mulut beberapa menit, kemdian keluarkan santan tersebut. Manfaat berkumur dengan air santan secara rutin setiap hari adalah mengobati bau mulut serta radang gusi.
Santan kelapa dapat membersihkan mulut dari microba serta kuman. Perawatan ini merupakan sisi pengobatan tradisional dari india yang sudah digunakan sejak zaman dahulu.

3. Kesehatan Rambut & Kulit
Selain untuk masak, santan juga berkhasiat untuk kecantikan diantaranya adalah memelihara kesehatan rambut, selain menyehatkan kulit kepala, santan juga dapat menyebabkan kelembapan alami dari akar hingga ke ujung rambut. Menggunakan santan untuk creambat akan memulihkan rambut yang kering, rusak, rapuh, dan bercabang. serta menyehatkan rambut dan merangsang pertumbuhan. Itulah mengapa santan juga berguna untuk mencegah kebotakan.
Bagi kulit, santan juga bisa digunakan sebagai pelembab alami, dengan secara rutin menggosok santan segar pada kulit dan membiarkannya selama 30menit, anda akan mendapatkan kulit halus dan bersinar, dengan cara ini santan juga dipercaya dapat mendinginkan kulit yang terbakar dari sinar matahari, memperlambat proses penuaan kulit, serta mengobati penyakit kulit.

4. Mengandung Serat Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung
Makanan bersantan memang banyak mengandung lemak, namun santan juga memiliki serat makanan cukup baik pengganti biji-bijian seperti gandum, santan memiliki serat 2,2gram serat makanan dalam porsi 100gram, serat yang larut dalam santan dipercaya baik untuk jantung, dan penderita kolesterol tinggi. Baiknya lagi kandungan serat yang tinggi dapat mengurangi napsu makan yang berlebih, karna sifatnya yang creami membuat kita merasa kenyang.
Masyarakat yang banyak memanfaatkan kelapa  sebagai bagian dari makanan sehari-hari, justru mendapatkan resiko sakit jantung yang sangat kecil, dan dipastikan mengandung kolestrol yang  relatif normal. namun demikian kita harus tetap mengkonsumsi santan dalam takaran yang wajar, karena sesuatu yang berlebih pasti berujung tidak baik.

5. Anti Virus dan Anti Bakteri
Selain mengandung Vitamin C untuk kekebalan tubuh, santan juga mengandung asam cafrat, dan asam laura, yang memiliki manfaat sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti virus. Asam laurat ini sebagian besar didapatkan dari dalam santan dan memiliki kemampuan untuk menghalang penyakit. Asam laurat dalam santan membuat pembuluh darah lebih elastis dan membantu agar tetap bersih, hal ini sangat penting untuk menurunkan resiko seperti penyakit jantung, dan peradangan dinding pembuluh darah. Asam laurat sendiri merupakan asam lemak berantai sedang yang di temukan secara alami didalam air susu ibu.

6. Mengandung Anti Oksidan.
Buah berry, brokolly, teh hiaju, serta biji-bijian  merupakan makanan yang dikenal tinggi kandungan anti oksidan. Namun tahukah anda santan juga mengandung anti oksidan yang cukup tinggi. Serat,lemak, dan nutrisi didalmnya dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Seperti kita tahu anti oksidan bermanfaat untuk menangkal efek radikal beba. Zat anti oksidan mampu melindungi kita  dari resiko terkena penyakit jantung, kangker, tekanan darah tinggi, serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

7. Sebagai Sumber Energi
Apabila dirasakan santan memang memiliki sedikit rasa manis, ini karena didalam santan kelapa mengandung sejumlah kecil gula seperti glukosa dan fruktosa. dari seluruh volumenya santan hanya mengandung 1-2% gula. Tubuh mrmbutuhkan jumlah kecil gula untuk digunakan sebagai energi. Gula memang mampu meningkatkan energi secara cepat, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula dipagi hari, dapat membuat tubuh lebih bersemangat dan meningkatkan energi dengan cepat. Namun alangkah lebih baik mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula alami dalam porsi cukup, daripada mengkonsumsi gula pemanis dengan jumlah banyak yang tentunya berbahaya bagi kesehatan.
Mitos yang keliru mengenai santan sering kali justru membuat santan menjadi salah satu bahan makanan yang dihindari. Padahal jika di konsumsi dalam jumlah yang wajar, dan tidak berlebihan, kita justru akan mendapatkan manfaat santan yang baik untuk tubuh. lemak dari santan menjadi tidak bersahabat jika dipanaskan berulang-ulang yang akan meningkatkan kolestrol jahat. Selain takut dan keliru tentang anggapan santan banyak orang merasa enggan mengkonsumsi santan karena repot. Aktivitas memarut kelapa sert memerasnya menjadi santan siap pakai dianggap menyita waktu dan tidak praktis.

itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang santan yang belum banyak orang tahu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Menarik Santan Kelapa dan Manfaat Santan Kelapa - Khuciki"

Post a Comment

-Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang baik sopan.
-dilarang meninggalkan link aktif di komentar